Clown Fish (ikan badut)

Ikan badut dapat ditemukan di laut dan terdiri dari sekitar 30 spesies yang berbeda. ikan ini sangat berwarna-warni dengan pewarna yang berkisar dari kuning dan merah untuk warna oranye.  Yang warna yang paling sering ditemukan adalah terang oranye bercampur dengan garis-garis putih.

Ikan badut umumnya ditemukan di perairan hangat. Samudera Pasifik, Laut Merah dan Samudra India adalah beberapa tempat dimana Ikan Badut berhabitat.  Nama  ikan badut berasal dari pewarnaan ceria dan disposisi aktif.  Banyak orang keliru percaya bahwa Ikan Clown benar-benar seperti badut yang suka bercanada seperti badut.  Tapi, ternyata Ikan Clown adalah ikan agresif dan mereka sangat teritorial. Mereka berusaha keras untuk melindungi wilayah mereka.

Yang paling umum untuk dari Ikan Clown adalah selalu dekat dengan Anemone Laut. Ini adalah salah satu kelebihan ikan Clown kecil dapat hidup tanpa mendapatkan sengatan oleh tentakel dari Anemone. Ikan itu benar-benar menggunakan Anemone untuk menghindari dari predator. Hal ini diyakini bahwa Ikan Clown mengembangkan semacam lendir meliputi seluruh tubuhnya yang membantu untuk menahan sengatan Anemone ‘. Ikan Clown tergantung pada Anemone Slaut untuk mencari makan dan tempat berlindung.  Sebagai imbalannya, Ikan Clown membantu untuk menjaga Anemone bebas ganguan predator, dan menjaga kebersihan dari anemone laut. Ikan Clown Anemone juga membantu mendapatkan makanan dengan menggunakan warna terang untuk memikat ikan yang tidak menaruh curiga ke sekitar dari Anemone.

Kemampuan yang paling menarik dari ikan badut adalah kemampuannya untuk berganti kelamin.  Pada satu kelompok adalah betina yang siap mereproduksi selalu diikuti oleh jantan yang siap kawin utk siap membuahi telor. Di bawah mereka adalah sekelompok jantan yang lainnya. Tapi, jika betina mati, seluruh anggota kelompok akan terganggu. Laki-laki yang dominan kemudian merubah kelaminnya menjadi betina dan memilih pasangan dari jantan yang lainnya yang siap kawin.

Ikan badut membentuk ikatan yang sangat kuat dengan pasangan mereka. Mereka bertelur dalam jumlah besar. Telur ini diletakkan di dekat karang atau batu tempat Anemone tersebut tinggal.  Kedua orang tua kemudian penjaga telur ini untuk rentang waktu 3-5 hari.  Setelah telur menetas jantan dapat tinggal untuk merawat anak2nya yang baru menetas sampai mereka mencapai kematangan seksual.

Ikan badut biasanya tidak dimakan oleh ikan lain karena mereka tetap aman oleh tentakel menyengat dari Anemone.  Karena mereka hidup dalam sudut sepi dari terumbu karang mereka tidak pernah diburu.  Namun baru-baru ini, ikan ini telah menjadi sangat populer dikalangan penghobby akuarium air laut.  Warna-warna, keunikan dan keindahan dari ikan ini telah memesona para penggemar ikan laut.  terutama ikan badut dicari di Eropa dan Amerika Serikat. Banyak Terumbu karang telah dihancurkan dalam rangka untuk mendapatkan ikan ini.

pengembangbiakan ikan badut telah dilakukan dan mendapat hasil yang sangat bagus. dan Tidak membutuhkan anemone sebagai tempat/bersarang ikan badut. dikarenakan  Sulitnya  perawatan terhadap Anemone. Berbagai spesies ikan Clown tidak boleh disatukan dalam satu aquarium.  Mereka umumnya sangat damai, tetapi mungkin menjadi teritorial dan berjuang.  Ketika mereka dilahirkan, semua Ikan Clown yang lahir pada umunya jantan.  Ketika mereka tumbuh, jantan dominan akan berubah menjadi betina, dan ikan ini akan menjadi penjaga utama dari wilayah itu.

//
//

About khosy
intersting about pets

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: