Mengenal Anjing K9, Anjing Khusus Pembantu Polisi

K9 adalah istilah untuk anjing yang dilatih khusus untuk membantu polisi dan penegak hukum lainnya personil dalam pekerjaan mereka. Istilah K9 digunakan karena sebunyi dengan kata “canine”, sebuah kata yang umumnya mengacu pada anjing dan binatang seperti anjing.

Dalam berbagai yurisdiksi melukai atau membunuh dengan sengaja anjing K9 adalah kejahatan besar, selain itu, biasanya seekor anjing K9 yang meninggal akan dimakamkan selayaknya seorang perwira polisi.
Tiap anjing punya badge tersendiri lo, layaknya seorang polisi.

Anjing K9 dipensiunkan jika terluka, hamil, sedang dalam tahap membesarkan anak, sakit atau terlalu tua untuk bekerja.

Kegunaan anjing K9 :

Anjing penegak hukum – Pemikiran orang tentang anjing K9 adalah menegakkan ketertiban umum dengan mengejar dan menerkam tersangka, atau menahan gerakan tersangka dengan cara menakuti langsung atau metode yang dikenal sebagai “Bark and Hold”.

Anjing German Shepherd dan Argentine Dogo adalah yang paling sering digunakan karena banyaknya kemampuan mereka (lihat Daftar ras anjing polisi), namun ras anjing lainnya juga memberikan kontribusi, seperti Rottweiler, Boxers, Doberman Pinschers, Giant Schnauzers, American Pit Bull Terrier , dan American Staffordshire Terrier.

Search and Rescue dog (SAR) – anjing ini digunakan untuk menemukan tersangka atau menemukan orang atau benda yang hilang. Anjing pelacak sering digunakan untuk tugas ini.

Anjing pendeteksi atau Anjing pengendus bahan peledak – Beberapa anjing dapat digunakan untuk mendeteksi zat terlarang seperti obat-obatan atau bahan peledak yang digunakan atau dibawa seseorang.

Di banyak negara, Beagles digunakan di bandara untuk mengendus bagasi untuk barang yang tidak diizinkan, karena sifat ramah dan penampilan yang jinak, Beagle tidak menakuti penumpang. Beberapa anjing juga secara alamiah dapat mengendus kebocoran gas dan dapat digunakan di masa depan. The Bouvier des Flandres adalah salah satu keturunan yang mampu melakukan hal ini. Seekor Bouvier pernah mengendus sebuah kebocoran propana di dapur majikannya.

Anjing Kadaver – Beberapa anjing terlatih dalam mendeteksi bau mayat membusuk. Hidung anjing sangat sensitif hingga mereka bahkan mampu mendeteksi benda yang berada di bawah air. Penelitian ini dilakukan oleh Dr Debra Komar (University of Alberta)

Unit K9 di beberapa negara :

Belgia

The Canine Belgia Support Group merupakan bagian dari polisi federal negara Belgia. Grup ini memiliki 35 tim anjing. Beberapa anjing dilatih untuk mendeteksi obat-obatan, tetap manusia, hormon atau bahan kimia penyulut api.

Sekitar sepertiga adalah anjing pelacak terlatih untuk mencari atau mengidentifikasi orang yang hidup. Tim ini sering dikerahkan ke daerah-daerah gempa untuk menemukan orang-orang terjebak dalam bangunan runtuh.

Belanda

The Dutch Mounted Police and Police Dog Service (DLHP) adalah bagian dari Korps landelijke politiediensten (KLPD; Badan Polisi Nasional) dan mendukung unit lain dengan patroli kuda dan anjing khusus yang terlatih. anjing DLHP dilatih untuk mengenali aroma tertentu tunggal.

Mereka adalah spesialis dalam mengidentifikasi bau (aroma mengidentifikasi bersama oleh sebuah obyek dan orang), narkotika, bahan peledak dan senjata api, mendeteksi tetap manusia, mencari orang tenggelam dan bahan kimia penyulut api. KLPD hanyalah salah satu dari 26 kepolisian daerah di Belanda. Setiap daerah lain memiliki sendiri unit K9.

Uni Soviet

Polisi patroli jalan kaki telah lama menggunakan anjing,biasanya ras German Shepherd, dibesarkan hingga berat 35 kg dan 40 kg umumnya.

Mereka harus diikat pada tali pada setiap saat dan diharuskan memakai penutup mulut, dilepas hanya bila diperlukan untuk mengejar dan menahan tersangka. Mereka dilatih untuk tetap tenang, jinak, dan tak terusik oleh keramaian dan kebisingan, mempertahankan ketenangan sempurna pada transportasi umum.

Anjing tersebut dapat bereaksi terhadap setiap dan semua rangsangan hanya jika diperintahkan untuk melakukannya. Mereka adalah pemandangan umum di kota-kota dan jarang dianggap menakutkan oleh masyarakat umum.

Ras anjing yang digunakan :

Argentina Dogo (melindungi petugas, anjing penyerang, mengendus bom, mengendus obat-obatan, mengendus makanan)

German Shepherd (melindungi petugas, anjing penyerang, tanah dan udara pelacakan berdasarkan pelacakan berbasis lokasi tetap manusia, menemukan obat-obatan)

Dutch Shepherd (melindungi petugas, anjing penyerang)

Belgian Malinois (melindungi petugas, anjing penyerang)

Boxer (Jerman) (melindungi petugas, anjing penyerang)

Labrador Retriever (mengendus bom, mengendus obat-obatan)

Doberman pinscher (melindungi petugas, anjing penyerang)

Springer Spaniel (mengendus bom, mengendus obat-obatan)

Bloodhound (melacak kriminal, mengendus bom, mengendus obat-obatan)

Beagle (mengendus bom, mengendus obat-obatan, mengendus makanan)

Rottweiler (melindungi petugas, anjing penyerang)

Giant Schnauzer (melindungi petugas, anjing penyerang)

About khosy
intersting about pets

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: